logo-icon
08 Jun 2022 |

Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan

Transformasi digital pada layanan kesehatan di Indonesia menjadi sebuah kebutuhan karena sekarang adalah era yang serba praktis, cepat, dan akurat. Sistem digitalisasi dapat menjadi andalan bagi tenaga medis untuk mempermudah proses pendaftaran, melakukan pencatatan medis, cek lab, treatment kesehatan untuk pasien, dan lainnya.

 

Inovasi dan Digitalisasi Layanan di Fasilitas Kesehatan

Di era yang serba digital seperti sekarang, rumah sakit perlu terus melakukan inovasi agar layanan kesehatan makin mudah dijangkau dan diakses oleh pasien di mana pun berada. Kondisi seperti ini juga menuntut pasien untuk paham teknologi informasi, terutama ketika harus melakukan registrasi secara online ataupun ketika melakukan telekonsultasi.

Fenomena digitalisasi di dunia medis membuat rumah sakit harus siap berubah menjadi smart hospital agar alur registrasi dan treatment untuk pasien makin fleksibel. Kondisi seperti ini juga menuntut tenaga medis dan tenaga administrasi rumah sakit untuk melek teknologi, terutama yang akan menjadi masa depan di bidang pelayanan kesehatan.

 

Tantangan dalam Penerapan Digitalisasi Sistem di Rumah Sakit

Tantangan atas digitalisasi pelayanan kesehatan di rumah sakit berkaitan dengan berbagai hal. Mulai dari SDM yang berkualitas, regulasi, standarisasi serta keamanan data. Walaupun demikian, tantangan ini memiliki dampak positif bagi rumah sakit. Digitalisasi sistem dapat menjadi solusi yang efektif agar rumah sakit dapat menjalankan cara yang lebih efektif dan efisien dari sisi operasional maupun pelayanan.

Sistem digitalisasi pelayanan yang diterapkan di rumah sakit juga dapat meningkatkan kepercayaan bagi masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kesehatan. Analisis data yang semakin tajam dari pencatatan rekam medis dapat menjadi dasar dalam perawatan lanjutan yang tepat bagi pasien.

 


telekonsultasidigitalisasi layananrumah sakitlayanan

Share

Related Article
26 Aug 2022 |

Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 Untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan blue print atau cetak biru “Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024” bersama United Nations Development Programme (UNDP). Bila awalnya strategi transformasi fokus terhadap pelayanan kesehatan pada pelaporan untuk pejabat, kini pelayanan kesehatan lebih berfokus pada kesehatan untuk masyarakat luas.
26 Aug 2022 |

Tidak Bisa Ditunda Lagi, Ini Alasan Kenapa Rumah Sakit Perlu Melakukan Transformasi Digital

rumah sakit perlu berbenah diri untuk menjawab tuntutan zaman dan masyarakat yang terus bergerak cepat di era serba digital. Oleh karena itulah kenapa rumah sakit perlu melakukan transformasi digital di bidang kesehatan agar pelayanan untuk pasien makin optimal.
26 Aug 2022 |

Zi.Care Resmi Mendapat Sertifikat ISO 27001 Untuk Menjamin Keamanan Data Klien

Zi.Care memiliki visi ke depan untuk menjadi kekuatan inovasi di bidang manajemen pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, Zi.Care juga memiliki komitmen tinggi untuk memberi pemahaman kuat mengenai sistem dan kebutuhan khusus di bidang pelayanan kesehatan di Indonesia.
Hi there

We’re here to answer your questions about Zi.Care Product. Ask us anything.