logo-icon
08 Jun 2022 | Iksan

Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan

Transformasi digital pada layanan kesehatan di Indonesia menjadi sebuah kebutuhan karena sekarang adalah era yang serba praktis, cepat, dan akurat. Sistem digitalisasi dapat menjadi andalan bagi tenaga medis untuk mempermudah proses pendaftaran, melakukan pencatatan medis, cek lab, treatment kesehatan untuk pasien, dan lainnya.

 

Inovasi dan Digitalisasi Layanan di Fasilitas Kesehatan

Di era yang serba digital seperti sekarang, rumah sakit perlu terus melakukan inovasi agar layanan kesehatan makin mudah dijangkau dan diakses oleh pasien di mana pun berada. Kondisi seperti ini juga menuntut pasien untuk paham teknologi informasi, terutama ketika harus melakukan registrasi secara online ataupun ketika melakukan telekonsultasi.

Fenomena digitalisasi di dunia medis membuat rumah sakit harus siap berubah menjadi smart hospital agar alur registrasi dan treatment untuk pasien makin fleksibel. Kondisi seperti ini juga menuntut tenaga medis dan tenaga administrasi rumah sakit untuk melek teknologi, terutama yang akan menjadi masa depan di bidang pelayanan kesehatan.

 

Tantangan dalam Penerapan Digitalisasi Sistem di Rumah Sakit

Tantangan atas digitalisasi pelayanan kesehatan di rumah sakit berkaitan dengan berbagai hal. Mulai dari SDM yang berkualitas, regulasi, standarisasi serta keamanan data. Walaupun demikian, tantangan ini memiliki dampak positif bagi rumah sakit. Digitalisasi sistem dapat menjadi solusi yang efektif agar rumah sakit dapat menjalankan cara yang lebih efektif dan efisien dari sisi operasional maupun pelayanan.

Sistem digitalisasi pelayanan yang diterapkan di rumah sakit juga dapat meningkatkan kepercayaan bagi masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kesehatan. Analisis data yang semakin tajam dari pencatatan rekam medis dapat menjadi dasar dalam perawatan lanjutan yang tepat bagi pasien.

 


telekonsultasidigitalisasi layananrumah sakitlayanan

Share

Related Article
08 Jun 2022 | Iksan

4 Komponen Dasar Sistem Rekam Medis Elektronik yang Diterapkan di Fasilitas Kesehatan

Rekam medis elektronik digunakan dalam peningkatan layanan kesehatan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencatat perjalanan perawatan pasien. Bila awalnya rekam medis menggunakan cara konvensional, kini banyak rumah sakit yang menerapkan sistem rekam medis elektronik.
26 Apr 2022 | Iksan

Manfaat EMR Untuk Kenyamanan Pasien dan Dokter

EMR bermanfaat untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien dan kerja dokter. Dengan pengetahuan medis yang dinamis, dokter perlu mendapat berbagai informasi yang lengkap dan akurat, dengan adanya data digital seperti EMR dapat mempertajam diagnosa dan mengambil keputusan perawatan yang lebih baik lagi.
26 Apr 2022 | Iksan

Meningkatkan Sinergi Antara BPJS Kesehatan dan RS Dengan Penerapan EMR

BPJS Kesehatan telah menerapkan Verifikasi Digital Klaim atau Vedika. Sistem ini telah berjalan bahkan sebelum merebaknya virus corona. Jadi, selama pandemi virus corona yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, BPJS Kesehatan terus melakukan peningkatan kualitas sistem layanan agar verifikasi klaim dari faskes dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
Hi there

We’re here to answer your questions about Zi.Care Product. Ask us anything.