logo-icon
26 Aug 2022 |

Zi.Care Resmi Mendapat Sertifikat ISO 27001 Untuk Menjamin Keamanan Data Klien

Mendapatkan sertifikat ISO 27001 menjadi sebuah pencapaian luar biasa bagi Zi.Care. ISO 27001 adalah sebuah sertifikat yang diakui secara internasional dan ini dapat menjadi bukti bahwa Zi.Care bertekad untuk memenuhi standar sistem manajemen keamanan informasi khususnya bagi industri kesehatan.

Zi.Care memiliki visi ke depan untuk menjadi kekuatan inovasi di bidang manajemen pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, Zi.Care juga memiliki komitmen tinggi untuk memberi pemahaman kuat mengenai sistem dan kebutuhan khusus di bidang pelayanan kesehatan di Indonesia. Lalu, apa itu ISO 27001 yang telah dimiliki oleh Zi.Care dan pengaruhnya bagi layanan kesehatan di rumah sakit?

 

Apa itu standar sertifikat ISO 27001?

ISO 27001 adalah sebuah pengakuan akan standar Information Security Management System atau sistem manajemen keamanan informasi. Standar ini diberikan sebagai kerangka kerja dengan melakukan pendekatan sensitif untuk mengelola sistem keamanan informasi dengan keamanan yang berisiko.

Keamanan sebuah sistem yang terkelola dengan baik dapat membantu UMKM, industri kecil menengah, dan besar di segala sektor. Di bidang kesehatan sendiri, apabila sistem keamanan cyber rumah sakit lemah, informasi data pasien berisiko mengalami kebocoran dan rentan tersebar. Tidak hanya di Indonesia, bahkan ke seluruh dunia.

Dengan adanya sertifikat ISO 27001, memberikan rasa aman saat kerjasama antara Zi.Care dan Rumah Sakit terjadi, ancaman-ancaman yang mungkin ada dan berdampak pada data yang dimiliki oleh klien dapat diminimalkan. Begitu pula dengan gangguan terhadap bisnis dan kerahasia data tetap terlindung.

 

Fungsi dan tujuan pemberian sertifikat ISO 27001

Ada beberapa manfaat memiliki sertifikat ISO 27001 yang telah dikantongi Zi.Care saat melakukan kerjasama dengan rumah sakit dan klinik. Misalnya adalah dengan melindungi reputasi rumah sakit atas keamanan data dan rahasia yang dimiliki. Tidak hanya itu, Zi.Care yang telah memiliki sertifikat ISO 27001 juga dapat membantu melindungi informasi pribadi klien.

Pada dasarnya, tujuan utama dari pemberian sertifikasi adalah untuk melindungi informasi mengingat di era informasi seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas secara global dilakukan melalui pengolahan dan tukar-menukar informasi.

Begitu pula dengan sistem pembayaran dan transaksi sekarang ini banyak dilakukan melewati proses informasi. Jika perusahaan abai dengan sistem keamanan, hal ini bisa merugikan konsumen rumah sakit, organisasi, atau sebuah lembaga.

 

Kerjasama rumah sakit dengan Zi.Care dapat meningkatkan keamanan data

Pada dasarnya, ada beberapa aspek dalam sistem manajemen keamanan informasi yang perlu diketahui. Mulai dari keamanan cyber, tata kelola, audit, manajemen risiko, dan lainnya. Semua aspek tersebut dapat memberi gambaran betapa data informasi pasien yang dimiliki oleh rumah sakit menjadi rentan jika tidak dilindungi dengan baik.

Di era digital seperti sekarang ini, keamanan data publik dan pasien yang ada di rumah sakit sudah menjadi prioritas utama. Dengan demikian, rumah sakit yang bekerja sama dengan Zi.Care dapat lebih dipercaya oleh konsumen dan bisa dilirik oleh konsumen baru. Hal ini akan membuat pendapatan rumah sakit makin meningkat seiring dengan bertambahnya pasien baru yang datang.

Sistem manajemen rumah sakit yang aman, mampu menjaga kerahasiaan data, integritas, dan ketersediaan informasi tidak akan mudah untuk diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Sertifikasi ISO 27001 yang dimiliki oleh Zi.Care pun dapat membantu meyakinkan rumah sakit bahwa Zi.Care telah memenuhi standar internasional dengan menciptakan sistem manajemen keamanan informasi data.


ISO 27001pelayanan kesehatan

Share

Related Article
26 Aug 2022 |

Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 Untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan blue print atau cetak biru “Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024” bersama United Nations Development Programme (UNDP). Bila awalnya strategi transformasi fokus terhadap pelayanan kesehatan pada pelaporan untuk pejabat, kini pelayanan kesehatan lebih berfokus pada kesehatan untuk masyarakat luas.
28 Jun 2022 |

Peletakan Batu Pertama Gedung Ibnu Sina dan Soft Launching Zi.Care Pada Tasyakur Milad Ke-30 RS Islam Jakarta Sukapura Kelapa Gading

RS Islam Jakarta Sukapura Kelapa Gading menyelenggarakan Tasyakur Milad ke-30 pada 11 Mei 2022. Acara tersebut merupakan acara puncak perayaan milad ke-30. Ada tiga agenda utama dalam acara tersebut. Yaitu upacara milad, peletakan batu pertama pembangunan Gedung Rawat Jalan Ibnu Sina, dan soft launching sistem informasi rumah sakit yaitu Zi.Care.
28 Jun 2022 |

RSIJCP Resmikan New Shafa Burn Centre yang Didukung oleh EMR Zi.Care di Milad ke-51

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih (RSIJCP) meresmikan pengoperasionalan unit layanan pusat luka bakar "New Shafa Burn Center" di perayaan milad ke -51, Kamis (23/6). Selain itu, untuk meningkatkan layanan, pihak RSIJCP juga meluncurkan inovasi dua aplikasi penunjang, yakni "Aplikasi Perilaku Pelayanan Islami" (APPI) dan aplikasi rekam medis elektronik ZiCare.
Hi there

We’re here to answer your questions about Zi.Care Product. Ask us anything.