Zi.Care Bekerjasama Dengan Bank Muamalat Indonesia Untuk Mendukung Transformasi Digital Proses Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia
Jakarta, 22 Oktober 2021 – Di masa kini, akses layanan kesehatan menjadi begitu penting bagi masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan yang bermanfaat dan efektif. Startup teknologi di bidang kesehatan Zi.Care berkolaborasi dengan Bank Muamalat Indonesia untuk mewujudkan akses layanan yang lebih baik dan mudah dijangkau dengan kegiatan ekspansi pasar secara bersama, serta menyediakan solusi jasa keuangan yang terintegrasi bagi rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan yang akan dan sudah menjadi rekanan Zi.Care. Kolaborasi ini ditandai dengan seremoni penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kedua belah pihak pada Jumat, 22 Oktober 2021 di Jakarta yang dilakukan oleh Jessy Abdurrahman selaku Founder sekaligus CEO Zi.Care dan Irvan Y Noor selaku Chief of Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Indonesia.
Jessy Abdurrahman menyampaikan, sejak awal Zi.Care ingin memberikan solusi teknologi dan mendukung transformasi digital di bidang kesehatan yang lebih inklusif di Indonesia. “Hal tersebut dapat terwujud dengan adanya kolaborasi dengan Bank Muamalat Indonesia yang merupakan perwujudan dari dua institusi yang memiliki nilai yang sama untuk terus memajukan Indonesia,” imbuhnya.
“Industri kesehatan saat ini menjadi salah satu fokus bisnis utama dari para group korporasi dan juga institusi keuangan. Oleh karena itu, lewat kerja sama seperti ini kami ingin menjadi enabler yang menghubungkan produk perbankan dengan fasilitas pelayanan kesehatan rekanan Zi.Care sehingga dapat memberikan solusi yang terintegrasi dan meningkatkan engagement antara bank dengan nasabah rumah sakit dan klinik melalui sinergi bisnis ini,” ujarnya.
“Kolaborasi ini juga yang akan kami implementasikan bersama Bank Muamalat Indonesia di mana saat pasien melakukan konsultasi kesehatan via online atau telehealth menggunakan Zi.Care Mobile Apps pasien akan lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan virtual account Bank Muamalat Indonesia yang terintegrasi dengan Zi.Care Mobile Apps. Bank dan rumah sakit juga dapat bekerja sama dalam pengelolaan keuangan rumah sakit secara menyeluruh melalui layanan Cash Management yang membantu rumah sakit dalam melakukan pengelolaan keuangan secara komprehensif melalui Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) termasuk juga memberikan kemudahan bagi karyawan melalui Program Payroll serta dana talangan atau pembiayaan yang dibutuhkan untuk pengembangan layanan dan juga pengadaan alat kesehatan di rumah sakit,” imbuhnya.
Dari sisi instansi pelayanan kesehatan, benefit yang didapatkan antara lain kemudahan dalam hal klaim dan underwriting asuransi dengan bantuan kode atau proses penagihan secara otomatis agar proses lebih mudah dan efektif.
Electronic Medical Record (EMR) milik Zi.Care juga mampu menjawab kebutuhan instansi pelayanan kesehatan yang dapat memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara akurat, real-time, dan tentunya menghemat biaya karena bersifat paperless, terintegrasi dan keamanannya terjamin.
Kemudian, Jessy juga memberikan apresiasi kepada Bank Muamalat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Zi.Care. Melalui kerja sama ini, Jessy berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan misi Zi.Care untuk memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan kegiatan operasional rumah sakit secara menyeluruh.
“Sangat besar harapan kami kolaborasi ini dapat berkesinambungan dan terus berkembang dalam integrasi produk-produk perbankan dan ekspansi pasar secara bersama di Indonesia,” pungkasnya.
zicaretechnologyhealthbankbpjs