Jenis Perawatan dan Manfaat Telehealth di Dunia Medis Bagi Masyarakat Luas
Apakah akhir-akhir ini Anda sering mendengar istilah telehealth? Saat pandemi virus Covid-19, telehealth menjadi semakin populer. Sebenarnya, istilah ini mengacu ketika Anda bisa mendapatkan layanan medis dan dapat terhubung dengan dokter secara online.
Salah satu perusahaan yang menawarkan telehealth adalah ZiCare. Di sini, Anda bisa memanfaatkan fitur untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang Anda butuhkan dengan aman dan nyaman. Untuk tahu lebih lanjut tentang bagaimana cara kerja telehealth yang dilakukan oleh Zi.Care, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Apa Sebenarnya Maksud Dari Telehealth?
Telehealth memungkinkan dokter memberi pelayanan untuk Anda tanpa kunjungan langsung ke fasilitas kesehatan. Telehealth dari ZiCare dilakukan secara online dengan akses internet via komputer, tablet, atau smartphone. Ada beberapa manfaat untuk perawatan telehealth, diantaranya adalah seperti berikut ini.
- Anda dapat berbicara dengan dokter secara langsung melalui video call.
- Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari dokter menggunakan pesan secara online, email, dan pertukaran file yang aman.
- Dokter dapat melakukan pemantauan jarak jauh. Misalnya, Anda dapat menggunakan perangkat untuk mengumpulkan tanda-tanda vital atau lainnya untuk membantu dokter tetap mendapatkan informasi tentang progress kesehatan Anda.
Jenis Perawatan Apa yang Bisa Didapatkan Menggunakan Telehealth?
Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan melalui telehealth. Telehealth sangat membantu untuk memantau dan mengatasi masalah kesehatan yang sedang dihadapi, seperti perubahan pengobatan atau kondisi kesehatan kronis.
Selain itu, dokter Anda akan memutuskan apakah telehealth tepat untuk kebutuhan kesehatan Anda atau tidak. Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter apa pilihan Anda, terutama bila Anda khawatir tentang risiko kesehatan Covid-19. Pilihan perawatan telehealth yang umum ini termasuk:
- Telekonsultasi
- Hasil tes lab atau rontgen.
- Terapi dan konseling online.
- Kondisi berulang.
- Kondisi kulit.
- Manajemen resep.
- Masalah perawatan mendesak, seperti pilek, batuk, dan sakit perut.
- Tindak lanjut pasca operasi.
Dokter Anda mungkin juga akan meminta Anda untuk mengirimkan informasi yang akan membantu meningkatkan kesehatan Anda, misalnya seperti:
- Berat badan, tekanan darah, gula darah, atau informasi penting lainnya.
- Gambar luka, kondisi mata atau kulit.
- Rekam medis yang diajukan ke dokter lain, seperti rontgen.
Selain itu, dokter juga dapat mengirimkan informasi untuk memantau kesehatan Anda di rumah, seperti misalnya:
- Notifikasi atau pengingat untuk melakukan latihan rehabilitasi atau minum obat.
- Saran baru untuk memperbaiki pola makan, mobilitas, atau manajemen stres.
- Petunjuk terperinci tentang cara melanjutkan perawatan di rumah.
- Support untuk tetap pada rencana perawatan Anda.
Manfaat Telehealth
Kini, kunjungan virtual makin populer. Namun, kunjungan ke rumah sakit bisa saja tetap diperlukan untuk kasus-kasus tertentu. Zi.Care pun secara aktif terus melakukan inovasi agar manfaatnya bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari perawatan telehealth.
- Kontak fisik menjadi terbatas sehingga dapat mengurangi paparan semua orang terhadap covid-19.
- Kunjungan virtual memastikan Anda mendapat perawatan kesehatan di mana saja Anda berada, baik di rumah, tempat kerja, maupun di mobil.
- Perawatan kesehatan virtual dapat mempersingkat waktu tunggu yang biasa dilakukan di fasilitas kesehatan
Telehealth ini tidak cocok untuk semua pasien atau semua kondisi medis. Jadi, pastikan Anda mendiskusikan kondisi medis atau risiko apa pun dengan dokter Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silakan buka website www.zicare.id.
zicarezi.carezicare.idtelehealthkesehatancovid19