logo-icon
08 Mar 2022 | Iksan

Manfaat Queueing System yang Dapat Dirasakan Saat Mengakses Fasilitas Kesehatan

Penumpukan antrian dalam pelayanan kesehatan sering kali terjadi di rumah sakit. Bahkan, ada orang yang rela antri mulai dari subuh untuk mendapatkan layanan yang lebih cepat ketika jam operasional rumah sakit dibuka. Namun, dengan adanya queueing system, fenomena ini dapat diminimalisir.

Queueing system mengacu pada cara antrian virtual (virtual queue) yang membuat hidup menjadi lebih baik untuk fasilitas kesehatan dan pasien. Kini, ZiCare hadir untuk menyederhanakan alur akses ke fasilitas kesehatan menjadi lebih efisien. Berikut ini adalah manfaat menggunakan queueing system bagi pasien dan fasilitas kesehatan.

 

Meningkatkan efisiensi karyawan

Antrian panjang mengharuskan karyawan rumah sakit dapat mengelola dengan baik. Mulai dari mencari tahu siapa yang selanjutnya ditangani, menenangkan pasien yang frustasi, bahkan harus menyela pekerjaan ketika ada pengunjung yang datang. Anda tentu sering mendengar kalimat agar pengunjung yang baru datang diperdisilahkan untuk antri terlebih dulu, bukan?

Lebih dari itu, terkadang pasien menjadi gelisah karena harus menunggu lama sehingga kurang fokus dan cepat marah. Queueing system dari ZiCare dapat meminimalkan gangguan tersebut serta pemborosan waktu sepanjang hari dalam mengelola pasien. Dengan demikian karyawan dapat bekerja dengan lebih efisien.

 

Meningkatkan kualitas pelayanan

Karyawan rumah sakit yang fokus pada satu pasien pada satu waktu cenderung dapat memberi pelayanan terbaik. Berbeda ketika karyawan sudah panik dan khawatir saat melihat antrian dan kerumunan orang yang harus segera ditangani.

Admin yang ada di rumah sakit juga bisa lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam berinteraksi dengan pasien sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif. Queueing system juga dapat memberikan informasi tentang pasien dan kebutuhan mereka saat menunggu. Dengan begitu, kualitas pelayanan fasilitas kesehatan dapat berjalan lebih baik.

 

Mengurangi waktu tunggu

Kombinasi antrian virtual dari peningkatan efisiensi karyawan rumah sakit serta interaksi lebih pendek dan produktif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pasien untuk menunggu giliran. Dengan kata lain, pasien yang tadinya harus menghabiskan waktu untuk menunggu hingga satu jam atau lebih, dapat diminimalisir menjadi kurang lebih 15 menit.

 

Kepuasan karyawan rumah sakit yang lebih tinggi

Sebagian besar karyawan lebih suka berinteraksi dengan pasien yang bahagia atau dengan tingkat kecemasan yang rendah karena dapat memberikan pelayanan yang lebih focus dan maksimal. Solusi manajemen antrian juga membuat karyawan lebih mudah dalam mendapatkan informasi saat membantu pasien.

Kondisi tersebut membuat karyawan merasa lebih puas dan terhubung dengan pekerjaan mereka. Ini penting karena hasil penelitian menunjukan bahwa karyawan rumah sakit yang suportif dan produktif lebih dihargai oleh pasien.

 

Komunikasi yang lebih efisien

Bila ditinjau secara konvensional, mengantri biasanya dimulai dari mendaftarkan diri, mengambil nomor antrian, dan menunggu sampai dipanggil. Terkadang, karyawan rumah sakit harus berteriak-teriak dan mengulangi pasien saat memanggil giliran.

Queueing system dari ZiCare dapat membangun komunikasi lebih awal dan menyederhanakannya selama dan bahkan di luar transaksi. Melalui smartphone, pasien dapat mengetahui nomor antrian yang sedang berjalan dan dapat memberi informasi yang akan membantu perawat melayani pasien dengan lebih baik.

 

Data pasien yang lebih baik

Tulang punggung digital dari sistem manajemen antrian dari ZiCare menawarkan sesuatu yang dihadapi antrian konvensional, yaitu data murni. Kemampuan pelaporan tingkat lanjut ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mengukur waktu tunggu, periode puncak dan lambat, kepuasan pelanggan, dan banyak lagi.

Data yang mudah dikumpulkan dan diambil ini bisa membantu manajemen rumah sakit dalam menentukan strategi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang akan berdampak pada kepuasan pasien di fasilitas kesehatan. Apakah Anda tertarik? Silakan buka www.zicare.id untuk mendapatkan layanan dan informasi lebih lengkap.

 

 


zicarezi.carezicare.idrumah sakitqueing systemjam operasional rumah sakitfasilitas kesehatan

Share

Related Article
28 Jun 2022 | Iksan

RSIJCP Resmikan New Shafa Burn Centre yang Didukung oleh EMR Zi.Care di Milad ke-51

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih (RSIJCP) meresmikan pengoperasionalan unit layanan pusat luka bakar "New Shafa Burn Center" di perayaan milad ke -51, Kamis (23/6). Selain itu, untuk meningkatkan layanan, pihak RSIJCP juga meluncurkan inovasi dua aplikasi penunjang, yakni "Aplikasi Perilaku Pelayanan Islami" (APPI) dan aplikasi rekam medis elektronik ZiCare.
08 Jun 2022 | Iksan

Digitalisasi Pelayanan Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Layanan Kesehatan

Transformasi digital pada layanan kesehatan di Indonesia menjadi sebuah kebutuhan karena sekarang adalah era yang serba praktis, cepat, dan akurat. Sistem digitalisasi dapat menjadi andalan bagi tenaga medis untuk mempermudah proses pendaftaran, melakukan pencatatan medis, cek lab, treatment kesehatan untuk pasien, dan lainnya.
08 Jun 2022 | Iksan

4 Komponen Dasar Sistem Rekam Medis Elektronik yang Diterapkan di Fasilitas Kesehatan

Rekam medis elektronik digunakan dalam peningkatan layanan kesehatan di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencatat perjalanan perawatan pasien. Bila awalnya rekam medis menggunakan cara konvensional, kini banyak rumah sakit yang menerapkan sistem rekam medis elektronik.
Hi there

We’re here to answer your questions about Zi.Care Product. Ask us anything.